Laporan Perjalanan Summer School Program

LAPORAN PERJALANAN

Nama Kegiatan    :     Summer School Program

Tempat    :     Utrecht University, Netherland

Waktu Pelaksanaan    :    10 Agustus 2019-19 Agustus 2019


Peserta

Nama    :    Syahrul Shobirin

NIM    :    D0217089

Program Studi    :    Ilmu Komunikasi

Fakultas    :    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik


Kontak Penyelenggara

Nama    : 

Instansi    :    Utrecht University

Negara    :    Netherland

Jabatan     :    Associate Professor

Email     :    J.D.tenThije@uu.nl

Telepon     :    +31 30 253 6337


Latar Belakang dan Tujuan Kegiatan

Summer Course, kelas Introduction to intercultural communication atau pengantar komunikasi antar budaya merupakan program yang diselenggarakan oleh Utrecht University, Netherland. Komunikasi Antar Budaya mempelajari tentang linguistic diversity, education, serta bisnis yang dikaitkan dengan budaya setempat contoh nya seperti Advertising. Peserta akan lebih mengerti tentang budaya setempat, dan akan dikaitkan dengan teori serta pengalam pribadi. Peserta akan lebih sadar akan keberagaman nilai nilai kebudayaaan, identitas seseorang yang dipengaruhi budaya, kehidupan social, bahkan hingga seorang keluarga yang multilingual. 


Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan selama 9 hari, dimulai pukul 10.00 AM – 16.00 PM. Setiap harinya selalu diberikan literasi bacaan sebelum masuk kelas, dan ketika kelas mahasiswa dituntut untuk memberikan pendapat dan aktif sehingga kelas pun menjadi atraktif dan tidak membosankan. Lecturer atau pengajar selalu memberikan pertanyaan kepada mahasiswa, terutama tentang keadaan budaya di negaranya masing masing. Pengajar juga selalu memberikan tugas dan membagi kelompok sehingga mereka bisa berdiskusi dan setelah berdiskusi di presentasikan. Hingga tugas akhirnya, mahasiswa dipasangkan dan mempresentasikan dalam waktu 2 menit. 


Hasil Kegiatan

Diakhir, mahasiswa diberikan tugas untuk presentasi dan mengangkat masalah yang berhubungan dengan teori yang sudah diberikan oleh pengajar, pengajar memberikan nilai dan kelompok lain pun memberikan komentar menggunakan sticky notes. 



Foto-Foto Kegiatan