Bersiap Menuju World Class University, UNS Selenggarakan Business Meeting bersama Alumni dan Pengguna Alumni

Jakarta – Bertempat di Novotel Jakarta Cikini, Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui International Office dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS menyelenggarakan Business Meeting, yang merupakan kegiatan silaturahmi UNS dengan alumni dan pengguna alumni pada Sabtu, 23 November 2019. 

Business Meeting kali ini mengundang lebih dari 100 alumni dan pengguna alumni UNS. Tujuan diadakannya kegiatan ini ialah untuk menyamakan persepsi menuju World Class University. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal IKA UNS, Drs. Bambang Dwi Wahyudi. Irwan Trinugoro Ph.D., selaku Kepala International Office UNS memberikan pemaparan mengenai pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS). “Penggunaan QS yang merupakan satu dari banyak pemeringkatan internasional digunakan oleh Dikti sebagai tolak ukur, sehingga UNS disini juga harus menggunakannya” jelas Irwan.

Melalui pemaparannya, ia menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi parameter dalam pemeringkatan QS, mulai dari jumlah dosen yang memiliki gelar Ph.D atau doktoral hingga jumlah publikasi internasional yang dimiliki suatu universitas. Diskusi pada kegiatan kali ini juga mengajak tamu undangan untuk menceritakan pengalamannya dalam dunia kerja, baik sebagai pencari kerja maupun sebagai pengguna alumni. 

Salah satu tamu undangan, yang merupakan alumni UNS yang bekerja untuk Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Rahayu, menjelaskan bahwa publikasi menjadi salah satu aspek yang penting untuk ditingkatkan. “Terkait perundangan, terkadang Kemenkumham membutuhkan ahli hukum dari suatu universitas, UNS sendiri tentu memiliki banyak ahli hukum. Namun, karena kurangnya publikasi mengenai itu banyak yang tidak mengetahui siapa ahli hukum yang berasal dari UNS.” Jelasnya.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang untuk reuni para alumni UNS. Mereka berharap bahwa acara ini akan diselenggarakan lagi di kemudian hari mengingat bahwa acara ini tentu dapat bermanfaat, khususnya bagi kualitas dari UNS itu sendiri.